20120604

AHMADIYAH YOGYAKARTA ADAKAN BAKSOS DI LERENG MERAPI


Laporan : Abu Fa’iq

Tim Pengobatan Homeopathy
Dalam rangka momentum Peringatan Hari Khilafat yang ke 104 ( 1908 – 2012 ), tepatnya tanggal 27 Mei 2012, Jema’at Ahmadiyah Yogyakarta bersama-sama cabang-cabang lain di Wilayah DIY, Cabang Gunung Kidul dan Cabang Piyungan, pada bulan Mei 2012 telah melaksanakan serangkaian kegiatan, yaitu ; Bakti sosial pengobatan homeopathy masal dan pasar murah, Panembraman Tabligh Akbar, dan Launching Arif Rahman Hakim E-Library.

Khusus untuk kegiatan pengobatan homeopathy masal, pasar murah dan panembraman tablig akbar dilakukan bekerja-sama dengan komunitas lintas iman yang tergabung dalam Forum Persaudaraan Umat Beriman ( FPUB ) Yogyakarta, dalam rangka memperingati Seabad Jumeneng Sultan Hamengkubuwono IX, yang diselenggarakan pada tanggal 13 sampai 19 Mei 2012 oleh FPUB, yang didedikasikan bagi masyarakat lereng merapi yang berada di kawasan rawan bencana. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan :
1.       Pada hari Senin tanggal 14 Mei 2012 :
-          Mengadakan pengobatan homeopathy masal di desa Purwobinangun, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Sebanyak 16 anggota Lajnah, 4 anggota Ansharullah, 9 anggota khuddam dan 4 orang homoepath ( dr. Acha Maskawan dari Cimahi,Bapak Elon dari Bekasi, Bapak Bambang Sutarto dari Surabaya dan Mln. Nanang Sanusi dari Yogyakarta) terjun mendukung kegiatan nini.
Pelaksanaan pelayan pengobatan di beri tempat di Pastoral Gereja Katolik Desa Purwobinangun, atas kebaikan dan izin Pastor Romo Yatno, pimpinan Gereja tersebut. Pelayanan dimulai jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore. Sebanyak 125 orang pasien penduduk lereng merapi di Desa Purwobinangun berhasil dilayani.

Penyerahan bantuan sembako oleh Tim LI Yogya
-          Menyelenggarakan Pasar Sembako Murah untuk masyarakat lereng gunung Merapi yang berada di kawasan rawan bencana di Desa Purwobinangun dan Desa Girikerto. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama komunitas Lintas Iman Yogyakarta. Jema’at Ahmadiyah, dalam hal ini, turut menyumbangkan sebanyak 76 kantong paket Sembako, yang setiap paketnya berisi beras 3 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg dan mie instan 5 bungkus. Kegiatan ini di mulai pada jam 08.00 pagi dan selesai pada jam 13.00 siang, bertempat di halaman Pastoral Gereja Katolik Sumohitan Purwobinangun, dan mendapat sambutan yang antusias dari  masyarakat lereng merapi.

Tim Panembraman Ansharullah DIY
         Pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2012 :
Jema’at Ahmadiyah DIY turut mengambil bagian dalam memeriahkan acara Tabligh Akbar bersama FPUB melalui persembahan “ Tembang Panembrama” (Syair Islami berbahasa Jawa) yang dibawakan oleh Tim Panembraman Ansharullah DIY yang terdiri dari 12 orang anggota Ansharullah gabungan dari Yogyakarta, Piyungan dan Gunungkidul, di pimpin oleh Bapak H. Suhadi yang tampil pada acara tersebut.
Acara Tabligh Akbar ini dilaksanakan pada hari rabu malam, tanggal 16 mei 2012, mulai jam 19.00 sampai jam 22.00, di sebuah lapangan sepak bola di Desa Girikerto, Lereng Merapi, Kecamatan Pakem – Sleman, dengan memasang tenda besar berukuran 25m x 50m. Kegiatan ini dihadiri sekitar 1500 orang warga muslim lereng merapi.
Bapak Ahmad Saifudin Mutaki ( Ketua JAI Yogyakarta ) selaku Ketua Panitia Penyelenggara Acara yang ditunjuk oleh FPUB, dalam sambutannya mengawali dimulainya acara tabligh Akbar menegaskan, bahwa ; “FPUB telah mengamanatkan kepada kami untuk menjadi Ketua dalam kegiatan memperingati Seabad HB IX ini. Kami adalah berasal dari komunitas Jema’at Ahmadiyah dan kami tidak harus merasa terpinggirkan, karena sekarang kami telah berada ditengah-tengah semuanya untuk bersama-sama melakukan kegiatan demi kemanusiaan”.
Sebagai pemberi tausiah, tampil Bapak KH. Abdullah Hasan, Pimpinan salah-satu pondok pesantren di Yogyakarta. Di dalam tausiahnya, yang disampaikan sekitar 1 ½ jam, antara lain juga secara positif menyinggung tentang Ahmadiyah. Beliau menekankan pentingnya saling menghargai perbedaan. Beliau mengatakan ; “ NU syahatnya ya itu, Muhammadiyah syahadatnya ya itu, Ahmadiyah syahadatnya ya itu juga, biarlah mengembangkan kabikannya masing-masing”.

Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Homeopathy masal, sumbangan Sembako dan Tembang Panembrama pada acara Tabligh Akbar bersama FPUB, yang dilaksanakan oleh Jema’at Ahmadiyah Daerah Istiemewa Yogyakarta, selain sebagai wujud kontribusi pada acar Peringatan Seabad Sultan Hamengkubuwono IX, juga sekaligus merupakan rangkaian dari program kegiatan JAI DIY dalam rangka momentum Memperingati Hari Khilafat yang puncak acaranya dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 27 Mei 2012, diantaranya ditandai dengan launching Perpustakaan On-Line “ARH E-Library”.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar