20120227

FPUB YOGYAKARTA BERULANG TAHUN YANG KE 15

   
Laporan : Abu Anis

“Merajut Persaudaraan Sejati, Membangun Indonesia Baru”  sebuah tema menarik yang diusung pada perayaan ulang-tahun Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) Yogyakarta yang di gelar pada hari minggu malam, 26 Pebruari 2012 di halaman Markas Barunya, Komplek Perumahan Kolombo – Yogyakarta.


“FPUB pada awalnya lahir sebagai jawaban terhadap munculnya persoalan bangsa, ketika bangsa kita baru saja memasuki gejolak masa perubahan dari era orde lama ke era reformasi, yang ketika itu nilai-nilai persaudaraan bangsa terkoyak-koyak berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Pada waktu itulah, tepatnya tanggal 27 Pebruari 1997 beberapa tokoh elemen bangsa yang ada di Yogyakarta berkumul dan bersepakat membentuk sebuah forum, yang diberi nama FPUB, dengan tujuan membangun nilai-nilai spiritualitas bangsa, mewujudkan persaudaraan sejati”. Demikian antara lain diungkapkan Kyai Abdul Muhaimin, Pengasuh Ponpes “Nurul Umahat” Kota Gede – Yogyakarta, selaku Koordinator FPUB dalam sambutannya.

Hadir dalam tasyakuran ultah FPUB ini sekitar 200 orang mewakili  berbagai elemen masyarakat, antara lain ; NU, Muhammadiyah, Paroki Katolik Turi-Sleman, Gereja Kristen Jawa, GKI, Pantekosta, Atma Jaya, Parisada Hindu Dharma, Budha, Konghuchu, Aliran Kepercayaan, Paguyuban, Sunda Wiwitan dan juga tidak ketinggalan Jema’at Ahmadiyah Yogyakarta. Perwakilan dari Jema’at Ahmadiyah hadir 5 orang, yaitu ; Mln. Nanang Sanusi / Muballigh Wilayah DIY, Bapak H. Suhadi, Bapak Saring Sarjono, Bapak Drs. Silahudin, MSc. Dan Bapak Suseno.

Acara diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, di pimpin oleh Bapak H. Suhadi, salah-seorang tokoh Ahmadi Yogyakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan bersama-sama lagu himne FPUB. Usai menyanyikan lagu bersama-sama, pembawa acara kemudian mengumumkan kepada hadirin, bahwa Bapak H. Suhadi adalah dari Ahmadiyah dan lagu himne FPUB, yang baru saja kita nyanyikan bersama-sama, kata pembawa acara, adalah hasil karangan Bapak H. Suhadi, yang kemudian disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Pada acara ultah FPUB ini pula, Jema’at Ahmadiyah Yogyakarta berkesempatan menghadiahkan 10 exemplar buku “Ahmadiyah Menggugat” yang diserahkan kepada Bapak Kyai Abdul Muhaimin, selaku koordinator FPUB. Oleh beliau buku-buku tersebut langsung dibagikan kepada beberapa tokoh elemen yang hadir, antara lain kepada Prof. Dr. Susetiawan, Ketua PW NU DIY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar